Selamat datang di tfq architects

Assalamualaikum
saya Taufiq Rahman ,ST, salam kenal, dalam blog ini saya ingin berbagi pengalaman, bertukan fikiran dan wawasan seputar dunia desain arsitektur dan interior, saling memberikan info saran dan kritik.
Dan juga terdapat tips trik seputar desain rumah, interior, renovasi rancang bangun.
Kami menerima jasa desain rancang dan bangun rumah dan interior, merenovasi, memperbaiki kerusakan rumah anda.
wassalam

Taufiq Rahman, ST.
(architect)
Office : Jln. ARS. Muhammad no.2 klandasan ulu rt.29 balikpapan kota, kalimantan timur
tlp/wa : 0812 1880 45 12, pin BB : 7DC4D2DF, web : www.tfqarchitects.blogspot.com, email : tfqabufaris@gmail.com,
fanpage : tfq architects, fb group : belajar arsitektur dan interior

Sabtu, 07 Juli 2012

Ekspresikan diri di ruang tidur


Kamar tidur adalah tempat / sumber yang memeberikan inspirasi, oleh sebab itu desainya harus sesuai dengan keinginan yang menempatinya. Agar meras tenang dan nyaman dalam menempatinya. Seorang seniman ibukota mengatakan “ memang tampak bahwa tempat tidur merupakan ruang utama dari sebuah rumah, yang harusnya mengerti dengan keadaan pemiliknya”.
Melihat fenomena masyarakat urban pada umumnya yang sibuk di luar rumah, ruang tidur akan menjadi ruang yang menjadi tempat menghabiskan waktu, baik dengan beristirahat, ataupun melakukan aktivitas yang lainya. Ruang tidur merupakan ruang terpenting di dalam rumah. Bisa di gunakan sebagai privat, menjadi ruang untuk berelaksasi, dan tempat rekresi setiap harinya. Oleh sebab ituberbagai faktor, mulai dari desain, fungsi, dan ergonomi patut mendapat perhatian utama.
Area Privat
Keadaan ruang tidur menjadi satu-satunya area privat semakin terlihat jelas ketika sebuah rumah di isi oleh keluarga, bukan hanya seorang diri/individu. Ketika penghuni sebuah rumah adalah keluarga yang terdiri dari Bapak, Ibu, Anak-anak, maka tentu ruang yang ada di dalamnya akan menjadi sebuah ruang yang di gunakan bersama.
Ruang yang di gunakan untuk berkumpulnya para anggota keluarga maka sebaiknya sebelum membuat dan menetukanya harus di sepakati secara bersama dalam ketentuan desainya, agar hasil lebih baik dan sesuai dengan yang di inginkan. Dalam pengkondisian ini tidak hanya di dasarkan oleh keinginan dan minat saja, tapi perlu adanya penyatuan dengan mengambil jalan tengah.
Berbeda dengan ruang tidur, yang bisa menjadi raja pengatur di dalamnya adalah yang menempati kamar tersebut. Beberapa aktifitas yang tidak di inginkan oranglain/ tidak ingin d ketahui orang lain, dapat di lakukan di ruang tidur. Begitu pula dengan bentuk desain yang di inginkanya, dapat di tentukan sendiri, tanpa harus berkompromi dengan anggota keluarga secara keseluruhan.
Bebas Berekspresi
Sebagai ruang yang areanya pribadi sebaiknya di rancang dengan desain yang sesuai dengan karakter dan kepribadian penghuninya. Ruang tidur yang ideal adalah kamar yang mengerti kepribadian yang menempatinya. Karena dengan merancang ruang tidur sesuai kepribadian penghuni kamar akan merasa nyaman dan betah berada di dalamnya. Bentuk berkspresi di kamar dapat di apresiasikan dengan memilih tema desain, pemilihan pelapis dinding, furnitur, hingga aksesori yang sesuai dengan penghuni kamar tersebut.
Ruang tidur merupakan hasil dari stimulasi lingkungan, dimana individu bisa menentukan respon perilakunya. Karenanya ruang tidur sebagai area pribadi seseorang yang memiliki keistimewaan untuk di desain dengan sedemikian rupa yang sesuai dengan pemiliknya, tanpa di intervensi pihak lain. Ada sebuah pepatah “ jika ingin mengenal seseorang maka lihatlah kamar tidurnya”. Dan ini menandakan bahwa ruang tidur adalah cerminan dari orang yang menempatinya.
Tetap Sehat Dan Nyaman
Walaupun Bebas menata ruang tidur, perlu juga di ketahui fungsi dasar dari ruang tidur, yaitu sebagai tempat istirahat dan merelaksasikan tubuh yang telah letih. Tentunya sangat di perlukan jika ruangan tidur menjadi nyaman dan sehat untuk menunjang evektifitas fungsi dari ruang tidur tersebut. Oleh sebab itu aspek kesehatan dan kenyamanan sangatlah di perhatikan dengan baik.
Aspek kesehatan dan kenyamanan ruang tidur bisa di lihat dengan seberapa baik udara yang masuk kedalam kamar, serta cahaya yang bisa memasuki ruangan tidur, tanpa harus menggunakan alat bantu apapun, semisal Lampu dan alat pendingin ruangan. Sinar matahari yang bisa memancar bebas ke dalam ruang tidur merupakan energi yang positif yang mempuat sirkulasi udara di dalam agar tidak pengap dan bisa berganti dengan udara yang baru mengganti udara, karena cahaya merupakan salah satu unsur dari 2 unsur yang menandakan sehatnya ruangan di rumah anda.
Sementara itu dari sisi kenyamananya,dapat diindikasikan ruangna yang cukup untuk bergerak penghuninya. Bisa saja yang ada dalam ruang tidur hanyalah tempat tidur dan lemari ganti saja, karena minimal ruang tidur itu harus bisa menampung kedua benda tersebut. Selebihnya di gunakan untuk ruang braktifitas dan melakukan kegiatan yang lainya agar tampak lebih leluasa.
Disamping kenyamanan dalam ruang tidur juga harus di sertai keamanannya pula, semisal, dalam menempatkan aksesori yang kira-kira berbahaya, dan sebaiknya hindari aksesori yang mengandung bahaya, atau memajang furnitur yang mempunyai sudut-sudut yang keras dan tajam, karena hal tersebut bisa membahayak diri anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gambar kerja lengkap