Assalamualaikm
Dear netter
Semoga dalam keadaan sehat wal afiat amiin
Lagi belajar bagaimana mengatur dan mengelola kantor....
Kebetulan kami membuka kantor dan showroom interior dan renovasi di jl.riau 14b pekanbaru. Disamping usaha kami yang sedang berjalan di tangerang ....
Begini kira2 alur kerja atau flow chart di kantor kami
1. Orang datang ke showroom interior kami....utk konsultasi atau membeli produk yg kami tawarkan.....ada 2 golongan tertarik dan tidak tertarik. Utk golongan yang tertarik dengan produk dan pelayanan desain interior kami....ada yang langsung ada yang perlu follow up bbrp kali.
2. Orang yang tertarik dan membutuhkan follow up.... , misal dia membutuhkan kitchen set di rumahnya...maka yang harus kami lakukan adalah membuat penawaran semacam rab dan gambar proposal. Dalam gambat proposal nantinya ada yang hanya denah saja atau layout interior, ada juga yang langsung gambar 3d apabila dinilai calon klien kita ini sangat berpotensi. Biasanya lama pengerjaan pembuatan rab dan deaain layout memakan waktu hingga 3 sd 4 hari.
3. Apabila poin 2 telah selesai maka kita adakan apointment (janji) ketemu dengan calon klien kita....tanyakan kapan ada waktu utk bertemu.... atau apabila mereka sibu...maka bisa kita kirimkan email agar informasi bisa langaung diterima.....dalam proses follow up ini akan terjadi bbrp kali .....karena mungkin ada revisi penawaran....atau perubahan rencana desain...pada tahap ini terbagi menjadi 2 golongan lagi....ada golongan yang tertarik ada juga golongan yang tidak tertarik..atau bahasa halus mereka pikir 2 dulu....bisa saja terjadi mungkin krn mereka tidak menyangka dana yang dikeluarkan terlalu besar...disini kita dituntut untuk bisa bernegosiasi dengan calon klien kita...mungkin bisa ditawarkan paket yg lebih murah dab.
4. Pada tahap ini bila klien tersebut tertarik ...mulailah dibuat kesepakatan kerja oleh admin...dan dibuatkan gambar detail oleh drafter kami..danjuga pihak keuangan sdh membuat kwitanai dp dan persiapan penagihan agar proyek lancar. Diusahakan sekali dp kami terima dulu baru pengerjaan interior dan furnitur kami kerjakan.
5. Pada saat pelaksanaan berlangsung....kita harus selalu kontrol progress...bila sdh mencapai tahap pembayaran berikutnya segera pihak admin utk melakukan penagihan termin progres.
6. Pada saat pekerjaan selesai...konfirmasi pada klien bahwa pekerjaan telah selesai...dan atur waktu kapan akan di install atau dilakukan pemasangan furnitur dilokasi....
7. Kemudian pihak pengawas lapangan mengecek kondisi di lapangan...utk kordinasi apabila ada perubahan di lapangan atau kekurangan material..dan pastikan pekerjaan sesuai kualitas dan waktu.
8. Setelah selesai semua pekerjaan pihak kantor membuat form serahterima invoice dan kwitansi penagihan utk diajukan kepada klien.
9. Masa pemeliharaan....www.rumah-strategis.com memberikan garansi pemeliharaan dalam 2 bulan. Artinya apabila furnitur dan interior anda rusak dalam masa pemeliharaan yang kami berikan, maka akan kami perbaiki tanpa dikenakan biaya lagi...hmmmmmm enak bukan?
Demikian semoga menjadi pelajaran bagi kita semua...
Wassalam
Tfq 081218804512
Tidak ada komentar:
Posting Komentar